Tips dan Cara Memelihara Kura-Kura

12 Jul

Tips dan Cara Memelihara Kura-Kura

Salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak digemari adalah hewan kura-kura. Bila Anda juga tertarik untuk merawatnya, Anda harus tahu bagaimana cara memelihara kura-kura agar hewan lucu tersebut bisa hidup dengan baik.

Kura-kura adalah hewan melata dengan tempurung keras yang merupakan pelindung tubuhnya. Ia adalah hewan yang sangat lambat, namun cukup cepat bergerak bila berenang dalam air. Salah satu yang menjadi keunikan kura-kura adalah tempurungnya. Corak dan bentuk tempurung kura-kura merupakan daya tarik terbesar bagi penggemar hewan lucu ini.

Tips Memelihara Kura-Kura

Kura-kura yang paling banyak diminati untuk menjadi hewan peliharaan adalah kura-kura air, misalnya kura-kura brazil yang berukuran kecil. Cara memelihara kura-kura tidaklah terlalu sulit dan hampir sama dengan memelihara hewan lain. Berikut ini adalah beberapa tips merawat kura-kura yang patut Anda ketahui.

  • Sediakan akuarium dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran kura-kura. Semakin besar atau luas sebuah akuarium, tentu akan semakin baik bagi perkembangan kura-kura.
  • Anda bisa menambahkan batu-batu koral atau batu biasa yang tumpul sebagai tempat berpijak kura-kura. Selain batu, Anda bisa memberi dekorasi tertentu, misalnya rumput laut atau hiasan lain, asalkan tidak terlalu mengganggu kura-kura.
  • Isilah akuarium dengan air tapi jangan sampai terlalu tinggi. Tinggi air di akuarium sekitar ¾ tinggi kura-kura (sebatas leher).
  • Kura-kura lebih banyak menghabiskan waktu di akuarium. Mereka makan sekaligus membuang kotoran di dalam air. Cara memelihara kura-kura yang cukup penting adalah menjaga kebersihan akuarium. Anda harus rutin membersihkan akuarium sekaligus mengganti airnya minimal 2 hari sekali (dianjurkan mengganti air setiap hari). Bila Anda kerepotan untuk selalu mengganti air akuarium, Anda juga bisa memakai filter agar akuarium tidak kekurangan air bersih. Namun, kebersihan filter tetap harus diperhatikan.
  • Untuk suhu air, Anda bisa menggunakan heater akuarium yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Suhu air yang bagus bagi kura-kura berkisar antara 20-28 derajat celcius. Suhu yang hangat akan sangat berpengaruh pada kesehatan kura-kura dan tentu akan meningkatkan perkembangan hewan melata tersebut.
  • Cara memelihara kura-kura yang lain terletak pada pemberian makanan. Kura-kura adalah jenis hewan dengan nafsu makan yang tinggi. Perhatikan porsi makanan kura-kura agar hewan peliharaan Anda tetap sehat. Tak hanya porsi makanan, waktu pemberian makanan pun harus Anda perhatikan. Sebaiknya beri makanan setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Bila kura-kura peliharaan Anda masih kecil atau masih dalam tahap pertumbuhan, sebaiknya diberi makan dengan porsi yang sedikit tapi diberikan setiap hari.
  • Dalam hal makanan, kura-kura sebenarnya bisa makan apa saja. Berilah sayur atau buah-buahan pada kura-kura peliharaan Anda. Juga bisa memberinya pelet khusus kura-kura agar hewan tersebut tidak bosan. Selain pelet, sayuran, dan buah, kura-kura juga suka hewan-hewan kecil yang lunak. Beri potongan ikan, cacing tanah, atau keong sebagai variasi makanannya.
  • Selain memberi makanan secara teratur, berilah suplemen atau vitamin khusus kura-kura. Ini adalah salah satu cara memelihara kura-kura yang cukup penting agar hewan peliharaan Anda bisa selalu sehat dan tidak mudah sakit.
  • Tempurung kura-kura akan berlumut karena selalu bersentuhan dengan air. Karena itu Anda dianjurkan untuk selalu membersihkan tempurung kura-kura dengan cara disikat dengan sikat halus (bisa pakai sikat gigi bekas).
  • Agar kura-kura tidak jenuh dan merasa bosan dalam akuarium, Anda bisa melepas kura-kura dan membiarkannya berjalan-jalan di sekitar rumah. Saat melepas kura-kura, pastikan bahwa mereka selalu dalam pengawasan Anda.

Itu adalah beberapa cara memelihara kura-kura yang bisa Anda ikuti. Perawatan kura-kura ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Hal yang paling penting dalam merawat kura-kura adalah memperhatikan tempat tinggal, makanan, maupun kebersihannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: