Profile Negara Brasil

21 Oct

Sistem Pemerintahan Presidensial

Di Negara Brasil

 

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh:

Nama : Desy Naibaho

Kelas : 12 AP 3

 

 

 

 

SMK Negeri 3 Kota Bogor

Kelompok Pariwisata

Jl. Raya Pajajaran No.84 Telp. (0251) 8327128

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Nama lengkap: Republik Federasi Brasil
  • Penduduk: 195.400.000 (PBB, 2010)
  • Modal: Brasilia
  • Kota terbesar: Sao Paulo
  • Luas: 8.550.000 sq km (3,3 juta mil persegi)
  • Mayor bahasa: Portugis
  • Mayor agama: Kristen
  • Harapan Hidup: 70 tahun (pria), 77 tahun (wanita) (PBB)
  • Moneter unit: 1 real = 100 centavos
  • Ekspor utama: barang Diproduksi, bijih besi, kopi, jeruk, produk pertanian lainnya
  • Impor Utama : Brazil impor mesin, peralatan listrik, peralatan transportasi, bijih besi, baja, kedelai, alas kaki, kendaraan bermotor, jus jeruk terkonsentrasi, daging sapi, dan kayu keras tropis. Some major imports are machinery, electrical and transportation equipment, cemical products, oil, and electrioncs. Beberapa impor utama mesin, peralatan listrik dan transportasi, produk cemical, minyak, dan electrioncs.
  • GNI per kapita: US $ 8,040 (World Bank, 2009)
  • Mata uang :Cruzerio Real
  • Internet domain:. Br
  • Kode panggilan internasional: +55
  • Ekonomi: Brazil memiliki perekonomian terbesar di Amerika Latin, telah ada pertumbuhan stabil
  • Internasional: Brasil menginginkan kursi tetap di Dewan Keamanan PBB; hubungan dengan Bolivia menderita pada tahun 2006 atas akses ke gas Bolivia

 

 

 

PROFIL NEGARA BRASIL

 

A. BENTUK PEMERINTAHAN NEGARA BRASIL

            Negara Brasil terdiri dari 23 negara bagian, 3 daerah Khusus, dan satu distrik federal. Kepala Negara dan pemerintahan adalah presiden yang dipilih untuk masa bakti selama 6 tahun.

Dewan pemilihan presiden terdiri atas para anggota kongres nasional dan badan legislatif negara bagian. Kongres nasional terdiri atas dua badan, yaitu senat federal yang merupakan dewan tinggi, dan dewan perwakilan atau dewan rendah. Setiap negara bagian memilih tiga orang senator untuk masa bakti 8 tahun, sedangkan anggota dewan perwakilan dipilih untuk masa bakti 4 tahun.

 

B. LETAK, BATAS, DAN LUAS

Letak Astronomis            :

Secara astronomis Negara Brasil Terletak diantara            5o LU – 34o LS dan antara  35o BB – 74o BB

Batas-batas Negara         :

a. Sebelah timur                   : berbatasan dengan Samudera Atlantik

b. SebelahBarat                   : berbatasan dengan Negara Peru dan Kolumbia

c. Sebelah utara                    : berbatasan dengan Samudera Atlantik

d. Sebelah selatan                : berbatasan dengan Samudera Atlantik, Negara Uruguay, Paraguay, dan Bolivia.

Luas                                     : Luas negara Brasil adalah 8.547.404 km2. Dibanding dengan luas negara Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Brasil lebih luas dibandingkan dengan luas negara Indonesia.

 

C. BENTANG ALAM NEGARA BRASIL

            Kenampakan alam sebagian besar wilayah Negara Brasil berupa dataran tinggi dan lembah-lembah sungai. Wilayah ini terbentang dari garis Khatulistiwa sampai ke wilayah garis balik selatan.

Hampir separuh wilayah Brasil adalah Lembah Amazon yang panas. Lembah Amazon ini berupa bentangan hutan dan air yang amat luas. Daerah ini merupakan daerah yang paling jarang penduduknya.

a. Dataran Rendah

Daerah timur laut berupa daerah plato yang dikelilingi oleh dataran rendah pantai yang sempit. Daerah ini merupakan daerah yang panas dan sering terjadi kekeringan.

b. Dataran Tinggi

Dataran tinggi tengah merupakan daerah pusat pemukiman penduduk, daerah pertanian, industri, dan perdagangan. Di daerah inilah letak kota Rio De Janeiro dan Sao Paulo.

 

D. IKLIM NEGARA BRASIL

Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Negara Brasil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis. Suhu udara terpanas 37,5oC

Terjadi di wilayah timur laut Negara Brasil. Di sebelah selatanya suhu terpanas mencapai sekitar 29oC. Curah hujan paling tinggi mencapai 4.500 mm di daerah selatan kota Sao Paulo. Musim panas terjadi pada bulan November sampai bulan Mei, sedangkan nusim dingin terjadi pada bulan Mei sampai dengan September. Curah hujan rata-rata 2.000 mm setiap tahunnya.

 

E. PENDUDUK NEGARA BRASIL

Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .

Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.

Agama yang dianuta sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia.

 

F. KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK

            Pendapatan per kapita Negara Brasil sebesar US$ 2.590. Pendapatan ini didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut.

1) Pertanian

            Hasil pertanian Negara Brasil merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomiannya. Kurang lebih 45% dari total komoditas ekspornya berasal dari hasil-hasil sektor pertanian.

 

Peningkatan sektor ini disebabkan karena adanya kebijaksanaan pemerintah Brasil untuk menambah lahan pertaniannya. Hasil-hasil pertanian antara lain

berupa kopi (merupakan hasil terbesar), padi, kapas, coklat, tembakau, kacang kedelai, jagung, dan tebu.

2) Peternakan

            Jenis-jenis peternakan yang diusahakan dan dikembangkan adalah babi, kambing, domba, dan sapi. Hasilnya berupa daging, susu, kulit, dan wol. Daerah pusat peternakan terdapat di Cuyaba.

3) Perikanan

Kegiatan perikanan di Negara Brasil berada di sepanjang pantai Atlantik dan sungai-sungai di Amazon. Jenis ikan yang di hasilkan antara lain udang, croaken, sarden dan lobster.

4) Pertambangan

Hasil-hasil tambangnya meliputi bijih besi (hasil besar), batu bara, perak, emas, berlian, timah hitam, forsfat, dan bauksit.

5) Perindustrian

Sektor industri di Negara Brasil berkembang dengan pesat dan memiliki peran serta dalam menambah devisa negara. Dua pertiga kawasan industrinya terdapat di daerah Belo Horizonte, Sao Paulo, dan Rio De Jeneiro. Berikut ini jenis-jenis industri dan daerahnya :

  • · Industri tekstil, terdapat di Sao Paulo.
  • · Industri baja, terdapat di tepi sungai Paraiba
  • · Industri petrokimia, terdapat di Sao Paulo, Bahia, dan Rio Do Sul.
  • · Industri pesawat terbang, terdapat di Embaraer Tucano.
  • · Industri pemrosesan dan bahan makanan dan industri semen terdapat di Porto Alegre dan Recife.
  • ·Industri bahan kimia, gelas, dan minyak tanah, terdapat di Rio De Jeneiro

6) Perdagangan

  • ·Ekspor        : Kopi, tembakau, karet, kapas, gula, coklat, baja, bauksit, tekstil, bahan-bahan kimia dan baja.
  • ·Impor          : Batu bara, minyak bumi, alat-alat transportasi, dan bahan-bahan karet sintetis.

 

G. KOTA-KOTA PENTING DI NEGARA BRASIL

  • ·Brasilia                               : Ibu kota dan kota pusat pemerintahan Negara Brasil.
  • ·Sao Paulo                           : Kota pusat perdagangan dan industri terpenting negara Brasil.
  • ·Rio De Janeiro                   : Kota pusat pemandangan yang indah baik berupagunung maupun laut.
  • ·Recife                                 : Ibu kota Negara bagian Panabuco. Kota ini merupakan pusat perdagangan di wilayah timur laut.
  • ·Porto Alegre                       : Kota pelabuhan sungai terbesar di Negar Brasil.
  • ·Salvador                             : Kota penghasil minyak, coklat, kapas, dan tembakau.

 

H. BENTUK KERJA SAMA NEGARA BRASIL DENGAN INDONESIA

            1) Bidang Diplomatik

            Masing-masing negara menempatkan duta besar sebagai perwakilanya.

2) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

            Indonesia sering mendatangkan pelatih sepak bola dari Negara Brasil.

3) Bidang Perdagangan

  • · Impor dari Indonesia antara lain biji tembaga, pakaian, minyak goreng, karet alam, dan alumunium

 

 

I. PEMIMPIN

 

Presiden: Rousseff Dilma
Dilma Rousseff adalah wanita pertama yang terpilih sebagai presiden Brasil. Dia adalah mantan kepala staf untuk, dan penerus disukai, presiden Luiz Inacio Lula keluar da Silva.

 

Dilma Rousseff telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan pendahulunya, Lula

Dalam pemilu 2010 Oktober untuk menggantikan Presiden Lula, ia nyaris gagal untuk memenangkan mayoritas langsung di babak pertama.
Hasilnya berarti Ibu Rousseff menghadapi calon-kedua ditempatkan, Sao Paolo Jose Serra walikota dari partai oposisi utama Sosial Demokrasi, dalam pemungutan suara-off berjalan pada 31 Oktober.
Dilma Rousseff sedikit dikenal rekan-nya sampai Mr Lula dipilih dirinya sebagai penggantinya disukai setelah sejumlah kandidat high-profile dipaksa keluar oleh skandal korupsi selama masa jabatannya.
Dia bergabung dengan pemerintah pada tahun 2003 sebagai menteri energi. In 2005, Pada tahun 2005, Bapak Lula membuat nya kepala nya staf, tempat dimana dia ditahan sampai Maret 2010, ketika ia meluncurkan kampanyenya sebagai presiden sebagai calon Partai Pekerja (PT).
Selama kampanye pemilu, Ms Rousseff membuat jelas bahwa ia mewakili kontinuitas dengan pemerintah Lula, di mana jutaan warga Brasil melihat standar hidup mereka meningkat.
Beliau dikenal mendukung peran negara yang kuat di kawasan strategis, termasuk perbankan, industri minyak dan energi.
Dilma Rousseff lahir pada tahun 1947 dan dibesarkan dalam sebuah rumah tangga kelas menengah atas di Belo Horizonte, di negara berkembang kopi Minas Gerais.
Ayahnya, Pedro Rousseff, adalah seorang imigran Bulgaria.
Latar belakangnya tampaknya konvensional berubah di-, pertengahan 1960-an ketika dia berada di akhir remaja. Dia menjadi terlibat dalam politik sayap kiri dan bergabung perlawanan bawah tanah dengan kediktatoran militer yang merebut kekuasaan pada tahun 1964.
Dia mengatakan bahwa dia tidak pernah aktif terlibat dalam operasi bersenjata, tetapi pada tahun 1970 dia dipenjara selama tiga tahun dan dilaporkan disiksa.
Setelah pembebasannya pada akhir tahun 1972 dia belajar ekonomi dan kemudian menjadi seorang pegawai karir sipil.
Ms Rousseff dua kali bercerai dan memiliki satu anak perempuan. Pada bulan Agustus, ia menjadi seorang nenek.
Pada tahun 2009, ia dirawat dan sembuh dari kanker getah bening.

 

J. MEDIA

Media terbesar di Amerika Selatan pasar media adalah rumah bagi ribuan stasiun radio dan ratusan saluran TV.
konglomerat Home-tumbuh seperti Globo, penyiar-Brasil yang paling sukses, mendominasi pasar dan menjalankan jaringan TV dan radio, koran dan operasi pay-TV.
Brasil drama buatan dan sabun ditayangkan di seluruh dunia.  Game dan TV menunjukkan realitas menarik penonton besar.
Konstitusi menjamin pers bebas; kuat media perdebatan tentang masalah politik dan sosial kontroversial adalah biasa.
Brasil meluncurkan layanan TV digital; itu bertujuan untuk mematikan transmisi analog TV dari 2016.
Pers

Television Televisi

Radio

  • Radio Nacional – FM dan mediumwave (AM) jaringan yang dijalankan dioperasikan oleh negara Radiobras
  • Globo Radio – jaringan komersial yang dioperasikan oleh Globo
  • Radio Eldorado – berafiliasi ke O Sao Paulo koran Estado de, mengoperasikan mediumwave (AM) stasiun berita dan stasiun musik FM
  • Radio Bandeirantes – jaringan dioperasikan oleh Grupo Bandeirantes
  • Radio Cultura – publik, program budaya

Berita lembaga

 


K. BRAZIL

 

Republik Federal Brasil (bahasa Portugis: República Federativa do Brasil) adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

 

L. SEJARAH

Brasil meraih kemerdekaannya dari Portugis pada 7 September 1822. Negara yang terletak di bagian tengah dan timur Amerika Selatan ini menjadi wilayah jajahan Portugis sejak 1494. Pada 1889, sistem pemerintahan Brasil berubah dari monarki menjadi republik.

 

 

M. SISTEM PEMERINTAHAN

Mengenai sistem pemerintahan di Brazil, saat ini Brazil menganut sistem pemerintahan Republik. Sebuah sistem pemerintahan yang sama seperti Sistem pemerintahan di Indonesia. Walaupun sebenarnya setelah mendapat kemerdekaan dari Portugis pada 7 September 1822 Brazil telah menganut sistem pemerintahan monarki, sebuah sistem pemerintahan yang berdasarkan sistem pemerintahan kerajaan.

Karena menganut sistem pemerintahan Republik, maka kepala pemerintahan dan kepala negara ada di tangan Presiden. Berbeda dengan Indonesia yang masa jabatan presiden selama 5th dalam satu periode, di Brazil masa jabatan presiden hanya selama 4th dalam satu periode pemerintahan.

Mengenai parlemen yang berfungsi sebagai pengontrol kinerja pemerintah serta sebagai perwakilan rakyat Brazil dalam pemerintahan, Brazil memiliki Kongres Nasional atau semacam MPR-DPR di Indonesia. Kongres ini dibedakan menjadi 2 atau yang lebih populer dengan istilah BIKAMERAL atau parlemen dua kamar, yang terdiri dari Senat Federal dengan 81 kursi dan Câmara dos Deputados dengan 513 kursi. Masa jabatan anggota senat federal dan Câmara dos Deputados berbeda-beda.

Seperti halnya di Indonesia, Presiden Brazil mempunyai kekuasaan eksekutif yang sangat besar. Selain memegang kekuasaan pemerintahan, Presiden Brazil juga berhak untuk menunjuk dan membentuk kabinet yang akan membantu dan mendukung presiden dalam menjalankan pemerintahannya.

 

N. KULTUR

Kultur di Brasil yang terkenal adalah tari samba.

Samba (lafal: [sɐbɐ]) adalah tarian Brasil dan genre musik yang berakar dari Afrika. Hal ini diakui di seluruh dunia sebagai simbol dari Brasil dan Karnaval Brasil. Dianggap sebagai salah satu ungkapan paling populer budaya Brasil, samba telah menjadi ikon identitas nasional Brasil. Samba de Roda (tari lingkaran) dari Bahia, yang menjadi warisan dunia oleh UNESCO bidang kemanusiaan pada tahun 2005, adalah akar utama dari Carioca samba, samba yang dimainkan dan ditarikan di Rio de Janeiro.

Secara tradisional, samba dimainkan dengan senar (cavaquinho dan berbagai jenis gitar) dan berbagai instrumen perkusi seperti tamborim. Dengan pengaruh orkestra Amerika sejak Perang Dunia Kedua dan dampak budaya musik AS pascaperang, mulai digunakan juga instrumen tiup seperti trombon, terompet, choro, flute dan klarinet.

 

O. OLAHRAGA

Olahraga di Brasil yang terkenal yaitu Capoeira, Vale tudo dan Jiu-Jitsu.

Capoeira merupakan sebuah olah raga bela diri yang dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebut Jogo. Capoeira sering dikritik karena banyak orang meragukan keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibanding seni bela diri lainnya seperti Karate atau Taekwondo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: